Langsung ke konten utama

Tubuh Mudah Memar ? Mungkin Ini Penyebabnya

Memar atau lebam setelah ada bagian tubuh yang terantuk benda tumpul seperti ujung meja atau pintu adalah hal yang biasa. Memar merupakan hasil dari cedera ringan pada pembuluh darah di bawah permukaan kulit. “Jika pembuluh darah ini rusak, sejumlah kecil darah bisa bocor keluar, memberikan warna biru, hitam atau ungu klasik," kata Cory Fisher, dokter dari Cleveland Clinic, seperti dilansir dari Men’s Health. Namun, ada beberapa orang yang cepat langsung memar—entah pada kaki, tangan dan bagian tubuh lain—hanya karena sedikit benturan. Berikut beberapa penyebabnya: 

 Hasil gambar untuk memar pada tubuh
  • Konsumsi suplemen tertentu 

Beberapa suplemen multivitamin dapat menyebabkan seseorang cepat mengalami memar, tak terkecuali feverfew, bawang putih, jahe, gingko, ginseng, asam lemak omega-3 (minyak ikan), saw palmetto, dan vitamin E. Ini adalah pengingat yang baik untuk berkonsultasi dengan dokter lebih dulu sebelum mengasup suplemen—karena bukan saja dapat berinteraksi dengan obat lain yang sudah diresepkan, juga suplemen tersebut belum tentu diatur badan pengawas obat. 

  • Bertambah tua 

“Kulit menjadi lebih tipis seiring bertambahnya usia, dan pembuluh darah menjadi lebih rapuh,” kata Fisher. Dua hal itu membuat rentan seseorang mengalami memar. Kulit yang menipis kehilangan lemak dan kolagen yang sebelumnya melindungi pembuluh darah. Selain itu, pembuluh darah juga kehilangan elastisitas, sehingga lebih mudah pecah. 

  • Obat yang mengencerkan darah 

Jika sedang mengonsumsi obat pengencer darah untuk mengobati aritmia jantung atau pembekuan darah, maka seseorang berpotensi mengalami memar dengan cepat. Selain itu, ada beberapa obat yang tidak disadari mengencerkan darah seperti ibuprofen dan aspirin.

  •  Memiliki kelainan darah 

Penyakit hemofilia dan von Willebrand adalah gangguan darah yang dapat menyebabkan seseorang mudah memar, kata Fisher. Hemofilia adalah kondisi langka yang memengaruhi kemampuan darah untuk membeku, sehingga membuat seseorang mengalami risiko perdarahan hebat karena cidera ringan. Sementara penyakit Von Willebrand adalah gangguan pembekuan ringan yang lebih umum dan sering ditandai dengan perdarahan selama dental work, mimisan yang berlangsung lama, ada darah dalam urin atau tinja. 

  • Minum antidepresan 

Fisher mengungkapkan, antidepresan seperti fluoxetine, sertraline, citalopram dan bupropion dapat berinteraksi dengan trombosit, yang merupakan bagian penting dari proses pembekuan darah. Karena itu, orang yang mengasup antidepresan itu bisa cepat mengalami memar karena sedikit benturan. 

  • Kekurangan vitamin 

Kekurangan vitamin C dan vitamin K dapat membuat cepat berisiko mengalami memar. Kalau kamu tinggal di negara maju dan memiliki akses rutin ke makanan sehat, hal itu jarang terjadi. “Kekurangan ini biasanya hanya terjadi pada masyarakat dengan asupan gizi kurang,” kata Fisher.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita seputar piala dunia 2014 di Brasil

Banyak hal menarik yang terjadi pada piala dunia 2014 kali ini. Dimulai dari pertandingan perdana antara Brazil vs Kroasia yang dimenangkan oleh Brazil sebagai tuan rumah dengan skor yang telak telah membuat penampilan tim ini terlihat begitu berbeda dari biasanya. Peranan Neymar sebagai salah satu striker andalan pun begitu nampak manakala ia dengan leluasanya berhasil menceploskan bola ke dalam gawang Kroasia sebanyak dua kali.

Sebelum mengupas keseruan laga lainnya, alangkah baiknya jika Anda juga mengikuti jadwalnya terlebih dahulu agar Anda tidak melewatkan keseruan-keseruan dari pertandingan selanjutnya yang akan digelar. Bagi Anda yang belum memiliki jadwal piala dunia, maka ada referensi jadwal piala dunia lengkap melalui url ini http://www.spektrumdunia.com/2014/03/jadwal-piala-dunia-2014-brazil.html sebagai informasi bagi Anda yang belum memiliki catatan jadwal yang terkini.

Laga yang tak kalah penting dan tak kalah menarik adalah pertandingan antara Belanda melawan Spanyol.…

Manfaat Kredit Rumah KPR Dengan Lembaga Keuangan Terpercaya

Manfaat Kredit Rumah KPR Dengan Lembaga Keuangan Terpercaya. Program kredit rumah (KPR) yang ditawarkan suatu perusahaan atau bank tertentu pastinya sangat menguntungkan bagi semua orang yang membutuhkan rumah yang lebih baik dan nyaman untuk dihuni seperti sekarang. Pada dasarnya, program tersebut memudahkan siapa saja untuk memiliki rumah idaman dengan sistem angsuran atau kredit sesuai ketentuan yang sudah ditentukan dan disepakati oleh semua pihak.

Hal ini jelas saja memberikan banyak manfaat bagi setiap orang yang belum memiliki tempat tinggal yang sesuai dengan kebutuhan namun belum memiliki bekal yang cukup untuk membeli atau membangun sebuah rumah. Nah, jika sudah begini tentu opsinya adalah dengan cara kredit atau dengan mengangsur.

Namun sebelum Anda mengajukan kredit, selalu pastikan jika kredit kepemilikan rumah KPR dari bank terpercaya di Indonesia yaitu BTN, BCA, Mandiri, BNI, BRI dan beberapa bank pemerintah lainnya.
Nah, apabila Anda benar-benar ingin mengambil kredit …

Berbagai resep untuk keluarga dari situs online

Dalam menyediakan makanan untuk keluarga, anda harus lebih teliti. Kesehatan keluarga anda dapat dipengaruhi dengan menu keluarga yang anda sajikan, terutama menu untuk makan malam yang enak namun sekaligus menyehatkan. Ibu rumah tangga memang selalu berusaha untuk menyajikan masakan yang lezat dan sehat untuk keluarganya. Bahan – bahan makanan yang aman dan sehat akan dibuat menjadi makanan lezat. Selain lezat, makanan dengan nutrisi yang baik juga sangat dibutuhkan oleh seluruh anggota keluarga. Untuk bisa menyiapkan makanan yang sehat, anda mungkin membutuhkan resep yang benar. 
Sekarang ini, bukan hal yang sulit untuk menemukan resep makanan yang lezat dan sehat untuk seluruh keluarga. Resep – resep masakan bisa ditemukan dalam majalah dan media yang lainnya. Dalam media informasi ini, beragam resep masakan akan bisa anda terapkan. Tidak hanya masakan asli Indonesia saja yang bisa anda temukan guna menjadi salah satu menu makan malam yang menemani indahnya kebersamaan saat bersam…